May 27, 2024

OLAHRAGA PERKOTAAN DAN SENI JALAN BERTEMU DI SINGAPURA SEBAGAI BAGIAN DARI PEMANASAN GLOBAL MENUJU OLIMPIADE PARIS 2024

Menjelang Olimpiade Paris 2024, Kedutaan Besar Perancis di Singapura menyelenggarakan perayaan khusus olahraga dan seni selama dua hari yang bertajuk Artletics – menjadikannya salah satu acara perayaan pertama yang diselenggarakan di seluruh dunia untuk menghidupkan kegembiraan bagi Olimpiade. pertemuan olahraga global.

Bekerja sama dengan mitra lokal Art Outreach dan didukung oleh Singapore Tourism Board, acara yang diadakan pada tanggal 25 dan 26 Mei ini menampilkan para atlet olahraga perkotaan dan seniman perkotaan dari kedua negara berkumpul di Somerset Skate Park yang berusia 18 tahun untuk membawa masyarakat Singapura ke dalam pengalaman bersama. memamerkan bakat mereka.

Fokus acara ini pada olahraga perkotaan memberikan persetujuan untuk dimasukkannya kategori tersebut ke dalam Olimpiade Paris 2024 mendatang, yang mencakup olahraga seperti BMX, skateboard, dan breakout. Hal ini juga sejalan dengan rencana untuk mengubah Place de la Concorde di Paris menjadi ruang olahraga perkotaan. Kolaborasi unik ini juga berfungsi sebagai jembatan antara Perancis dan Singapura, memperdalam ikatan budaya melalui semangat bersama terhadap ekspresi artistik dan atletis.

Duta Besar Perancis untuk Singapura Yang Mulia Minh-di Tang mengatakan, ‘Artletics mewujudkan semangat budaya jalanan dan merayakan seniman dan atlet yang berjuang untuk mencapai keunggulan, kreativitas, dan semangat tim di kota tempat mereka meninggalkan warisan abadi dan mendorong perubahan positif dalam masyarakat. Nilai-nilai inti ini memberi penghormatan pada tujuan Olimpiade, yang mana Perancis menjadi tuan rumah untuk ketiga kalinya tahun ini. Melalui Artletics, kami ingin menampilkan seni, atletis, dan sportivitas terbaik Perancis dan Singapura, memperkuat kemitraan lintas budaya yang telah dinikmati negara kami selama bertahun-tahun.”

Somerset Skate Park diubah menjadi taman bermain perkotaan yang semarak

Artletics mengakhiri rangkaian program selama sebulan di bawah vOilah! France Singapore Festival – festival budaya tahunan yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Perancis di Singapura untuk menunjukkan kreativitas dan inovasi Perancis melalui kekuatan kolaborasi lintas budaya.

Dalam semangat memungkinkan pertukaran budaya, Somerset Skate Park di jantung Orchard Road diubah menjadi ruang dinamis yang dirancang oleh seniman urban dari Singapura dan Perancis.

Tiga seniman visual dari Singapura – Zero, Spaz, dan Simpleproblembeings – bekerja bersama muralis Perancis Elsa Martino dan seniman grafiti Kekli untuk meramaikan ruangan dengan mendekorasi dinding dan jalur skate park dengan desain yang dinamis. Didukung oleh kolektif seni urban Singapura RSCLS, para seniman ini juga akan memimpin masyarakat dalam mengikuti sesi seni untuk ikut serta dalam kolaborasi karya seni komunitas.

Yang pertama memanfaatkan ruang yang didekorasi ulang adalah atlet skateboard Perancis Max Berguin, Juara France Street Skateboard 2023 dan komunitas olahraga urban Singapura di bidang skateboard, break, BMX, bike trial, parkour dan yo-yo yang akan menampilkan bakat mereka. penonton.

Acara ini juga menampilkan pertunjukan olahraga perkotaan yang memacu adrenalin, kesempatan bagi masyarakat untuk mengambil bagian dalam lokakarya yang diadakan oleh kelompok olahraga perkotaan setempat, serta pertunjukan musik di malam hari yang dibawakan oleh DJ Singapura Kiat dan Intriguant.

“Artletics adalah perayaan semangat kreatif yang menjembatani budaya Prancis dan Singapura melalui pemuda, olahraga perkotaan, dan seni,” kata Mae Anderson, Ketua Art Outreach. “Kami sangat senang melihat seniman dan pemain skateboard Perancis dan Singapura bersatu, mengubah Somerset Skate Park menjadi kanvas kolaboratif. Kami berharap acara ini menjadi kesempatan besar bagi semua orang untuk merasakan kekuatan seni, atletik, sekaligus menumbuhkan rasa memiliki. , inklusi dan semangat komunitas.”